Sabtu, 16 Februari 2013

Chemistory 6 [ Ikatan Kimia ]


Seorang siswa bertanya kepada gurunya tentang molekul air. Semua orang tahu kalau air mempunyai rumus molekul H2O. Ada dua grup domain, tetapi mengapa bentuk molekulnya bengkok (berbentuk huruf V)????
Sang guru berpikir keras. Secara ilmiah sihb gampang, batin guru itu.
Sebenarnya, dalam  H2O ada tiga grup domain, O sebagai pusatnya, dua H di sisi kanan dan kiri, dan di atas kepala O ada pasangan electron bebas. Oleh karena ada pasangan electron bebasitu, maka si H yang ada di samping kanan dan kirinya ditolak sehingga menjauh. Itulah sebabnya bentuk molekulnya nggak lurus (linier). Di dalam air, molekul H2O tidak sendirian tetapi ditemani banyak H2O lainnya. Si H dari satu molekul juga ditarik oleh O dari molekul lain yang disebut ikatan hydrogen, makanya bentuk H2O bengkok.
Itu yang ada di benak si guru. Mereka bisa mengerti tidak ya kalau dikasih penjelasan begitu? Tak berapa lama, si guru pun mendapat ide.
“Dira, Bapak tau kamu suka sama Risma kan?” ujar Pak Guru setelah berpikir beberapa detik.
Dira merengut malu.
“Kamu tahu , kalau Ternyata Dimas juga suka sama Risma,” lanjut Pak Guru.
“Cuma sayangnya Risma sudah pacaran dengan Nino. Kalian kan nggak mungkin deketin Risma lagi, kalian pasti menjauh, yak an? Belum lagi ternyata Dinda suka sama kamu, dan Alina suka sama Dimas.
Nah kalian pun akhirnya menyukai cewek-cewek itu juga. Jadinya kalian makin menjauh dari Risma.
Begitulah yang terjadi pada rumus molekul H2O sehingga bentuk molekulnya V, jadi pacarnya Risma-si pasangan electron bebas-punya pengaruh yang membuat cowok-cowok lainnya menjauh.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Angry Birds -  Red Bird