Senin, 11 Februari 2013

Chemistory 3 [Ion Kompleks]


          Pak Rahman ingin  membuka usaha budidaya ayam kampung. Dia sudah mempelajarinya ketika bekerja di department peternakan. Namun setelah pension pak Rahman bingung karena modalnya tidak cukup untuk membuka usaha. Yadi, anak pak Rahman meminta tolong kepada teman-temannya agar ayah mereka mau bergabung dengan pak Rahman.
Setelah bertanya-tanya, akhirnya ada juga yang mau bergabung. Ada empat orang yang bersedia membantu . masing-masing akan membanu dengan modal yang sama, yaitu dua juta rupiah.
Namun ternyata jumlah itu belum mencukupi juga . pak Rahman memutuskan utnuk langsung membuka usahanya. Kekurangan modal itu bisa dipenuhi nanti untuk kebutuhan pemasaran.
Setelah beberapa waktu usaha berjalan, tibalah waktunya utnuk memasarkan. Untuk itu mereka meminjam ke bank dua kalidari jumlah modal masing-masing. Saat pemasaran berjalan, ada beberapa masalah teknis dalam penjualannya, tetapi secara umum usaha mereka baik-baik saja.
Cerita di atas adalah analogi untuk ion kompleks. Pak Rahman berlaku sebagai atom pusat yang mengikat empat orang (Ligan) dengan masing-masing muatannya adalah dua. Kekurangan modal yang diambil dari bank itu merupakan muatan keseluruhan dari ion kompleks tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Angry Birds -  Red Bird